Rabu, 30 Maret 2011

Kenapa Toko Online


Apa alasan Anda membuat toko online? , apakah hanya sekedar ikut-ikutan trend, atau memang ada alasan yang kuat sehingga Anda ingin membuat atau miliki toko online.

Memulai bisnis jual beli lewat toko online dengan memanfaatkan media internet mempunyai tingkat resiko yang kecil dan biaya yang dibutuhkan sangat murah jika dibandingkan dengan memulai  bisnis dengan cara konvensional biasa. Sebagai perbandingan jika Anda berbisnis dengan cara konvensional, membuka toko pakaian misalnya, maka beberapa biaya yang harus Anda siapkan diantaranya adalah biaya untuk sewa kios atau toko, yang sekarang ini untuk kelas mall harga sewa bisa mencapai Rp. 5 juta sampai  Rp. 10 juta per bulan untuk ukuran toko yang kecil, dan untuk ukuran kios di pasar-pasar tradisional uang sewanya berkisar antara Rp. 10 juta sampai Rp. 50 juta pertahun. Sedangkan biaya yang Anda butuhkan jika membuka toko online, maka biaya sewa perbulan atau biaya hosting perbulan dibutuhkan hanya sekitar Rp. 50 ribu sampai Rp. 500 ribu saja. 

Selain biaya sewa kios atau toko, biaya selanjutnya yang harus Anda keluarkan adalah biaya untuk mendesain interior atau estalase toko Anda termasuk biaya untuk membeli mebel atau peralatan lainnya yang dibutuhkan. Biayanya bisa berkisar antara Rp. 1 juta sampai Rp. 10 Juta untuk ukuran toko kecil biasa. Sedangkan untuk toko online biaya membuat estalase virtual toko Anda sangat murah. 

Biaya untuk operasional toko konvensional pun cukup besar, dimana Anda harus mengeluarkan biaya seperti biaya keamanan, biaya listrik, biaya telepon, gaji pegawai dan biaya-biaya lainnya. Sedangkan biaya operasional untuk toko online sangat murah, Anda tidak perlu membayar pegawai untuk menjaga toko Anda, karena Anda bisa membuat transaksi secara otomatis di toko online Anda, kecuali kalau transaksi toko online Anda sudah besar, itupun biasanya pegawai yang Anda butuhkanpun tidak banyak. Selain itu Anda tidak perlu membayar biaya keamanan, biaya kebersihan dan lainnya.

Skala toko online Anda pun bisa dikembangkan terus sesuai dengan perkembangan bisnis toko online Anda, dan biaya yang dibutuhkan sangat murah Anda tinggal menambah kapasitas hosting yang biayanya tidak seberapa. Sedangkan kalau toko konvensional, jika toko berkembang lebih besar maka toko yang dibutuhkanpun harus lebih besar lagi, ini artinya biaya sewa dan biaya-biaya lainnyapun akan semakin besar.

0 komentar:

Posting Komentar