Jumat, 01 April 2011

Promosikan Toko Online Anda


Setelah Anda selesai membuat toko online, langkah selanjutnya adalah Anda harus mempromosikannya supaya website atau toko online  Anda banyak dikunjungi oleh orang lain. Karena tidak ada gunanya seberapa bagusnyapun toko online atau web yang Anda buat, tapi tidak ada pengunjungnya.  Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan toko online Anda, diantaranya seperti dibahas dibawah ini

Promosi lewat social network

Situs social network  atau situs jejaring sosial atau situs pertemanan, akhir-akhir ini sedang menjadi trend sampai-sampai ada situs pertemanan ini yang mampu menyedot jumlah anggota sampai ratusan juta anggota. Karena itu jika Anda mempromosikan website atau blog Anda lewat situs pertemanan ini, kemungkinan promosi tentang website Anda akan dibaca oleh banyak orang sangat besar.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan promosi di situs pertemanan. Cara pertama yaitu dengan memasang iklan secara resmi di situs pertemanan, dengan cara ini tentunya Anda harus membayar sejumlah uang kepada pengelola situs pertemanan tersebut, yang besarnya sesuai dengan harga paket iklan yang mereka tawarkan. Cara kedua adalah Anda melakukan promosi secara tidak langsung, misalnya dengan mencantumkan alamat blog atau alamat website di profile situs pertemanan Anda, atau mencantumkan link ke blog atau website Anda untuk setiap komentar atau pesan yang Anda kirimkan kepada jaringan pertemanan Anda di situs pertemanan.

Promosi lewat search engine

Search Engine sekarang ini ibarat peta di internet yang dipakai orang jika mencari alamat dari suatu website. Jika alamat website Anda tercatat di search engine tersebut, tentunya akan memudahkan orang lain menemukan alamat website Anda.

Salah satu search engine terkenal dan nomor satu didunia saat ini adalah Google.com , yang banyak dijadikan rujukan oleh para pengguna internet untuk mencari informasi berdasarkan satu atau lebih suku kata yang nantinya Google akan mengarahkan ke alamat website tertentu di internet yang menyajikan informasi yang dicari. Sebenarnya secara rutin Google akan mencatat kedalam databasenya setiap muncul data atau website baru di Internet. Tapi supaya alamat website Anda bisa lebih cepat tercatat di Search engine Google, Anda bisa mendaftarkannya sendiri, caranya adalah:
  1. Buka aplikasi browser Anda, masukan alamat http://google.com/addurl

  2. Masukan alamat web Anda pada kolom URL, bisa juga Anda menambahkan keterangan singkat mengenai web Anda tersebut pada kolom Comments. Masukan kata yang ada pada gambar untuk menghindari spaming. Klik tombol Add URL
Dibutuhkan waktu yang tidak dapat ditentukan sampai alamat website Anda  terdaftar di  Google, tapi biasanya tidak lebih dari satu hari. Anda dapat mengujinya dengan masuk ke http://google.com dana masukan alamat website Anda kedalam kolom search.

Beberapa search engine lain yang bisa Anda gunakan diantaranya adalah Altavista , Yahoo! Search , MSN search , Ask.com , Live Search , Info.com dan lain sebagainya.

Promosi  dengan affiliasi atau tukar Banner

Anda dapat mempromosikan website Anda lewat website rekan Anda yang sudah memiliki pengunjung yang banyak. Bentuk kerjasama bisa dengan cara tukar banner artinya dalam website rekan Anda terdapat banner yang menunjukan link ke website Anda, begitupun sebaliknya dalam website Anda terdapat banner yang berisi link ke website rekan Anda tersebut.

Bentuk kerjasama yang lainnya adalah biasa disebut dengan affiliasi , artinya Anda bekerjasama dengan rekan-rekan Anda yang mempunyai website, dalam masing-masing website rekan Anda tersebut terdapat link ke website Anda. Perjanjiannya jika terjadi transaksi bisnis di website Anda dengan pengunjung yang datangnya dari link website rekan Anda tersebut, maka rekan Anda berhak mendapatkan komisi terhadap transaksi bisnis tersebut yang besarnya di tentukan berdasakan kesepakatan Anda dan rekan-rekan Anda.

Promosi dengan media konvensional

Promosi dengan media konvensional untuk mempromosikan sebuah website masih banyak digunakan, media yang digunakan baisanya seperti media televisi, radio, koran majalah dan lainnya. Hal tersebut tentunya disesuaikan dengan kondisi budget yang tersedia.

Bisa juga promosi dilakukan dengan membuat brosur dan dibagi-bagikan kepada target yang sesuai dengan tujuan pembuatan web site Anda.

0 komentar:

Posting Komentar